Berikut Daftar Produk Prancis yang Diboikot di Indonesia

Berikut Daftar Produk Prancis yang Diboikot di Indonesia

Awalnya, seruan boikot terhadap produk-produk yang berasal dari Prancis dilakukan di negara Timur Tengah. Tapi ternyata pemboikotan yang terjadi kini sampai di tanah air. Mulai dari politisi, kalangan artis bahkan ulama pun banyak mengajak masyarakat untuk ramai-ramai memboikot dan tidak membeli produk-produk dari negara Prancis. Karena di Indonesia ada banyak sekali produk Prancis yang dijual. Pemboikotan terjadi akibat sikap Emmanuel Macron yang merupakan seorang presiden Prancis karena mendukung kebebasan berkespresi terkait dengan pembuatan film kartun Nabi Muhammad SAW yang ada di negaranya. Dukungan ini pun kian menuai kontroversi di berbagai negara dunia. Bahkan, dukungan tidak hanya terjadi di Indonesia yang mayoritas masyarakatnya bergama Islam saja tapi negara-negara lain di dunia pun turut melakukan aksi pemboikotan ini.

Berikut Daftar Produk Prancis yang Diboikot di Indonesia

Macron mengatakan bahwasanya prinsip yang ada di negara Prancis adalah mendukung kebebasan dalam berpendapatan. Ucapan yang dilontarkan Macron in pun langsung dikritik oleh Tayyip Erdogan yang merupakan Presiden Turki. Erdogan mengatakan bahwa Macron perlu diperiksa kesehatan mentalnya serta mengajak masyrakat serta negara-negara lain untuk memboikot produk dari Prancis yang dijual di negara-negara lain. Ajakan yang dilakukan oleh presiden Turki ini pun langsung direspon oleh warganet tidak hanya dari Arab saja bahkan kini negara Indonesia pun turut menyerukan boikot untuk produk-produk buatan Prancis lewat platform sosial media.

Di Indonesia sendiri ada banyak sekali produk Prancis yang dijual. Bahkan berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), dari bulan Januari hingga Juli 2020, Indonesia sudah melakukan impor barang dari Prancis hingga mencapai US$ 682 JUTA. Angka ini tentu turun jika dibandingkan dengan jumlah impor yang dilakukan dengan periode yang sama pada tahun 2019.

Adapun produk-produk Prancis yang diimpor Indonesia ada banyak sekali mulai dari produk kecantikan dengan merk L’Oreal sampai Garnier. Ternyata di Indonesia ada banyak sekali produk kecantikan yang berasal dari Prancis. Dan saat ini produk-produk tersebut diboikot oleh beberapa negara Islam di dunia termasuk Indonesia. Bahkan, Kuwait yang merupakan salah satu negara Islam yang ada di Timur Tengah kini sudah menghapus  berbagai produk kecantikan yang berasal dari Prancis mulai dari L’Oreal, Yves Rocher, Garnier bahkan hingga Lancome yang merupakan pusat perbelanjaan di negara tersebut. Dan di Yordania, beberapa produk merk L’Oreal pun sudah ditutupi dengan kain sebagai bentuk kecaman yang dilakukan terhadap sikap yang dilakukan oleh Presiden Prancis tersebut.

Selain itu, carrefour yang merupakan jaringan supermarket pun juga diboikot karena pertama kali carrefour didirikan di Prancis. Beberapa negara di Timur Tengah dan negara Turki pun melakukan aksi pemboikotan yang dilakukan terhadap salah satu jaringan supermarket terbesar di dunia ini. bahkan, beberapa negara pun turut melakukan kampanye agar masyarakatnya menjauhi toko yang berasal dari negara Prancis ini. Pembicaraan ini pun terus dilakukan para warganet di Arab Saudi bahkan hingga saat ini.

Beberapa produk otomitif pun tak lepas dari aksi pemboikotan salah satunya Renault yang berasal dari Prancis. Banyak sekali negara Islam melakukan pemboikotan terhadap produk otomotif ini termasuk negara Turki. Padahal, Renault adalah salah satu produk otomotif yang bisa dibilang paling lairs di Turki. Bahkan, Negara Turki menjadi negara dengan pangsa pasar terbesar kedelapan untuk penjualan Renault. Bahkan, di tiap tahunnya Renault melakukan penjualan ke Turki hingga 400 ibu mobil per tahun. Tidak hanya itu saja, mobil Peugeot pun juga turut menjadi sasaran dari pemboikotan yang terjadi.

Kraft merupakan produk makanan seperti keju dan lain-lain. Produk ini berasal dari Prancis. Tidak hanya itu, ada produk-produk lain yang juga berasal dari Prancis seperti Kiri, President hingga La Vache Qui Rit. Salah satu perusahan yang berada di Qatar, Wajibah Diary pun sudah mengumumkan bahwa mereka telah meboikot produk asal Prancis. Sementara di Kuwait sendiri, dewan direksi dari Al-Neem Coopreative memilih menarik semua produk asal Prancis yang berada di supermarket negaranya.

Prancis merupakan negara dengan kota mode. Karena itu, Prancis memiliki banyak sekali produk fashion yang namanya mendunia seperti Dior, Chanel, Yves Saint Laurent sampai Louis Vuitton. Karena pernyataan yang dilontarkan oleh Presiden Macron, berbagai negara pun kini membuat kampanye pemboikotan terhadap produk-produk dari Prancis yang dilakukan lewat platform media sosial. Semakin meluasnya kampanye ini membuat bebagai pihak mengklaim produk tersebut pasti akan terkena dampak negatifnya.Tidak hanya negara-negara Islam di Timur Tengah, Indonesia sendiri pun sejumlah masyarakat telah melakukan aksi pemboikotan. Bahkan lewat Kementrian Luar Negri, Pemerintah Indonesia pun sudah mengeluarkan surat kecaman yang ditujukan untuk Presiden Prancis terhadap ucapannya tersebut. Hingga saat ini pemboikotan terhadap produk-produk asal Prancis terus digaungkan terutama di negara-negara dengan mayoritas Islam di dunia.